Tempat Belanja Pasar Klithikan Yogyakarta

Kota Jogja memang tidak pernah membosankan bisa disambangin buat miss Flamingo. Cari gunung tersedia, pantai juga tersedia. Galeri serta tempat wisata berserakan di semua area. Cari tempat makan gampang, yang paling utama murah-meriah kenyang. Beberapa hari yang lalu, miss Flamingo baru saja pulang dari kota yang merayakan ulang tahunnya setiap 7 Oktober ini. Yang menyenangkannya, miss Flamingo berkesempatan menyambangi sebuah tempat baru.

Baru buat miss Flamingo pastinya, karena tempat ini sendiri telah berdiri sejak 11 November 2007. Pasar Klithikan Pakuncen – merupakan relokasi para pedagang Klithikan (barang bekas) pada 3 area, yakni Jalan Mangkubumi, Jalan Asemgede, serta Alun-alun Kidul Kraton Jogja. Konon katanya, kata Klithikan tercipta akibat barang-barang yang dijajakan dahulu merupakan onderdil kendaraan bekas serta barang-barang kecil lainnya berbahan besi, yang jika dilemparkan akan menciptakan suara klithik-klithik.

Namun, tersedia juga yang berpendapat bahwa kata Klithikan diambil dari kata klithih yang bermakna aktivitas berjalan-jalan santai, dengan mata yang awas, memperhatikan barang-barang orang lain yang sekiranya bisa dibawa pulang (baca: dicuri), sehingga barang yang dijajakan merupakan barang bekas milik orang lain.

Pasar Klithikan Tempat Belanja Di Yogyakarta

Keterangan :

Pasar yang berlokasi di jalan HOS Cokroaminoto No. 34 Pakuncen, Yogyakarta ini mudah dijangkau. Kalau naik Trans Jogja dari halte Malioboro, naik bus dengan nomor 3A lalu turun di halte K.H. Dahlan serta ambil bus nomor 2B, turun di halte Wirobrajan. Dari sana, jalan kaki sekitar 300 meter saja, lalu siapkan mata serta uang di kantong bisa berburu barang-barang bekas oke murah-meriah. Miss Flamingo berhasil membungkus pulang beberapa pasang anting, kalung, serta gelang oldschool hanya dengan merogoh kocek lima puluh ribu rupiah saja. Di pasar ini, tak hanya barang bekas yang dijajakan, mulai dari yang anyar-anyar semacam sepatu, baju, aksesoris sepeda serta motor, HP, tersedia di sini.

Miss Flamingo agak kesulitan menemukan lapak yang menjual barang bekas di siang hari itu. Selidik punya selidik, ternyata pedagang Klithikan baru siap di lapaknya mulai sore hingga malam hari. Dari sekitar 10 lapak barang bekas yang tersedia, hanya 2 lapak yang telah beroperasi saat itu. Salah satunya adalah lapak milik Pak Retna. Lapak milik Pak Retna beroperasi dari jam 10 pagi hingga 10 malam, sedangkan lapak-lapak barang bekas lainnya yang tersedia di depan, sebelahnya, serta beberapa tersebar di area lain, baru buka jam 6 sore hingga malam hari. Jadi kalau memang mau berburu barang bekas, disarankan sore-sore ke malam saja .

Selain ke Pasar Klithikan Pakuncen, miss Flamingo juga menyambangi Pasar Loak Senthir. Pasar ini bertempat di parkiran Pasar Beringharjo. Bukanya mulai dari sore hingga malam hari. Siangnya, tempat ini merupakan halaman parkir bisa kendaraan. Senthirsendiri dalam bahasa Jawa berarti lampu minyak kecil yang sering dipergunakan bisa keperluan penerangan seadaanya. Dulu pasar ini menggunakan senthir bisa penerangannya, itulah sebabnya pasar ini dinamai Pasar Senthir. Lain dulu, lain sekarang, pada malam miss Flamingo menyambanginya, sudah tak tersedia lagi senthir yang terlihat menerangi sekitar pasar, kebanyakan telah menggunakan penerangan lampu.

Menurut salah satu pelanggan, barang-barang dari Pasar Loak Senthir yang bagus-bagus diborongnya bisa dijual di Pasar Klithikan Pakuncen. Barang-barang yang dijajakan pun unik-unik, mulai dari buku bekas, sepatu bekas, kunci dan gembok jadoel, kartu pemain film Indonesia jaman dahulu yang memuat Paramitha Rusady serta Diah Permatasari dengan lirik-lirik tembang lawas di baliknya, perhiasan, dan masih banyak lagi.

Menuju ke Klithikan Yogyakarta :

Dari titik Nol Malioboro menuju arah barat melewati jalan KH.Ahmad Dahlan terus lurus ke barat bertemu dengan perempatan lampu merah, masih terus lurus saja melewati jalan RE Marthadinata lurus sampai bertemu dengan perempatan Wirobrajan lalu belok ke utara kurang lebih 700 meter.
Dari perempatan Wirobrajan menuju arah utara kurang lebih sekitar 700 meter pasar Klithikan ini yang terletak di kanan jalan (timur jalan) .

Buat yang mau main ke Pasar Senthir, miss Flamingo sarankan bisa membawa senter atau alat penerangan lainnya. Karena buat miss Flamingo, cahaya lampu yang menerangi wilayah pasar tak cukup terang. Dan tak lupa, pandai-pandailah menawar.

Guest House Jogja / Penginapan Jogja / Penginapan Di Jogja / Pasar Klithikan Tempat Belanja Di Yogyakarta