Inilah Cara Memasarkan Bisnis Penginapan

Promosi perlu dilakukan pada semua bidang bisnis. Salah satu cara mempromosikan sebuah penginapan yaitu menggunakan iklan. Dengan menggunakan iklan ini, orang dapat mengingat dan mencerna apa yang ingin Homies sampaikan menggunakan tampilan kualitas tempat usaha Homies. Ada beberapa tipe pemasaran menggunakan media iklan. Ada sebagian yang membuat iklan yang lama dan panjang, sebagian lain membuatnya lebih pendek dan sederhana. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kualitas iklan, tanpa harus memikirkan panjang dan lamanya.

1. Pastikan Homies mengetahui apa yang ingin disampaikan

Pastikan Homies mengetahui apa yang ingin disampaikan

Homies harus menyadari tujuan penting adanya iklan adalah menyampaikan maksud dan tujuan mempromosikan tempat usaha atau penginapan. Dengan begitu Homies akan lebih mudah mengekspresikannya. Misalkan saja, Homies ingin memasarkan penginapan yang berkonsep “back to nature”. Homies bisa membuat iklan penginapan menggunakan beragam pepohonan yang tetap terlindungi walaupun menggunakan adanya penginapan, bisa juga menggunakan menggabungkan pemanfaatan kolam yang berisi ikan-ikan yang banyak dijumpai di sekitar penginapan dan menggunakannya sebagai sebuah obyek wisata mini yang dilengkapi gazebo di sekeliling kolam sebagai penambah keindahan. Jika dimungkinkan, dapat membuat wisata pemancingan yang dilengkapi masakan dari ikan yang ditangkap sendiri. Tentu hal ini akan menarik pengunjung untuk datang ke penginapan sekaligus liburan.

2. Munculkan aspek kreatif pada iklan

Kreativitas diperlukan untuk mengundang orang tertarik. Pada iklan yang kreatif, dimungkinkan agar semua hal yang ingin disampaikan terangkum jelas pada iklan singkat yang berkualitas. Munculkan ide pemasaran yang fresh. Ambil contoh poin sebelumnya misalnya, untuk memasarkan penginapan Homies yang dilengkapi wisata pemancingan, Homies bisa memotret suasana di sekitar kolam dan gazebo menggunakan adanya satu keluarga yang terlihat gembira menggunakan tangkapan ikan yang besar dan gemuk, lalu keluarga di sebelahnya sedang menyantap olahan ikan segar, menggunakan juru masak disampingnya yang terlihat gembira satu sama lain, tanpa beban berarti.

Itu contoh sederhana sebuah visualisasi konsep yang dapat dijadikan inspirasi. Jika Homies menyukai musik sebagai hiburan, tambahkan pula home band untuk meramaikan suasana yang ada di wisata pemancingan. Pengunjung yang menginap di tempat Homies tidak akan pernah bosan menggunakan suguhan hiburan yang begitu lengkap.

3. Buat kesan penginapan yang murah namun berkelas

Orang akan menyukai barang atau sesuatu yang murah. Jika Homies mampu meyakinkan pelanggan untuk datang ke penginapan karena promo kesan murah dan tempat yang berkelas itu, maka Homies berhasil menggunakan terobosan penawaran yang baru. Berdasarkan hal penginapan yang dilengkapi dengan wisata pemancingan sebelumnya, Homies dapat mempromosikan hal sederhana yaitu kebersamaan bersama orang terdekat. Hal tersebut bisa didapatkan menggunakan cara sederhana pula, yaitu berkumpul di suatu tempat yang nyaman tak perlu mahal namun bisa mengakomodasi poin penting yang ingin didapat.

Dengan menginap di penginapan Homies misalnya, keluarga ini tidak akan terbebani menggunakan mahalnya kamar inap yang tersedia karena ada paket promo menginap 3 hari dan wisata pemancingan sepuasnya, atau bonus jika tamu menginap di hari-hari tertentu seperti hari natal, tahun baru, dan idul fitri, atau bisa juga jika tamu menginap pada jangka waktu tertentu semacam 5 hari gratis tiket premier film terbaru dan sebagainya. Hal-hal seperti ini yang bisa menjadikan penginapan terlihat lebih terjangkau namun tetap berkualitas.

4. Buat video yang berkualitas

Selain menggunakan foto, Homies juga bisa menggunakan iklan di televisi sebagai media yang lebih banyak pangsa pasarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai televisi. Semua orang menyukai keindahan, jika iklan yang Homies buat menampakkan bahwa penginapan Homies berkelas dan bagus orang pun akan tertarik dan penasaran. Akan lebih mendorong mereka datang menggunakan tahu bahwa penginapan tersebut layak untuk dicoba.

Homies bisa meminta kru profesional untuk pembuatan video sesuai konsep penginapan, bisa juga meminta sebuah agen periklanan melakukannya untuk Homies, namun itu bisa memakan lebih banyak biaya. Cukup sampaikan konsep yang ingin dibuat pada mereka, harus lakukan komunikasi agar hasilnya sesuai menggunakan keinginan. Homies dapat ikut serta pada pemilihan semua keperluan yang akan digunakan untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana. Bukan hanya kualitas ide, kualitas gambarpun menjadi hal penting yang mempengaruhi penyampaian maksud pada calon pelanggan.

5. Pakai jasa model

Selain menggunakan konsep fasilitas hiburan yang berbeda, model iklan juga menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan. Banyak orang dan pengusaha besar yang mampu dan mau berinvestasi mahal pada seorang model untuk mempromosikan penginapan atau hotelnya. Homies pun bisa melakukan hal yang sama, namun tak perlu menggunakan model mahal yang terkenal. Cukup menggunakan model dari teman atau keluarga yang memang good looking dan camera face. Dengan sedikit make up, semua akan tampak profesional dan Homies pun mendapat iklan yang Homies inginkan. Keberadaan model profesional membantu kita mempromosikan apapun menggunakan cara lebih modern dan mudahditerima semua kalangan.

Investasi yang besar pada promosi dan pemasaran penginapan Homies, tidak akan pernah sia-sia. Semua modal yang dikeluarkan di awal akan terbayar menggunakan banyaknya pelanggan dari pada maupun luar daerah yang berminat menginap di penginapan. Hal itu tentu saja karena konsep menarik yang ditawarkan, iklan yang menarik perhatian serta kemampuan Homies untuk merepresentasikan kelebihan serta keunggulan penginapan yang dimiliki. Ingat bahwa bukan hanya bangunan megah yang dicari oleh para tamu, bahwa pelayanan, fasilitas dan kelengkapan serta variasai hiburan yang ditawarkan adalah penting.

Guest House Indonesia / Penginapan Murah Jogja / Penginapan Jogja / Guest House Jogja / Inilah Cara Memasarkan Bisnis Penginapan