TIPS MEMULAI BISNIS PENGINAPAN

Bisnis penginapan adalah salah satu jenis bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan. Meskipun demikian, bisnis ini sangat berbeda dengan bisnis lainnya. Di bisnis penginapan, kesuksesan dapat dirasakan jika pemilik maupun pihak pengelola lebih mengedepankan faktor sumber daya manusia atau SDM sebagai pelaksananya. Oleh karena itu Anda harus merekrut para pegawai yang memang senang bekerja pada bagian perpenginapanan sehingga akan membuat pengunjung merasa nyaman berada di penginapan Anda. Selain itu ada beberapa hal yang dapat menjadi tips memulai bisnis penginapan untuk Anda praktekkan ketika Anda berniat untuk memulai usaha tersebut. Berikut Anda simak ulasannya:

1. Gagasan atau konsep penginapan

Agar dapat memulai bisnis penginapan maka hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah gagasan atau konsep dari penginapan. Banyak para pemilik penginapan yang sukses karena mempunyai gagasan atau konsep yang sangat cemerlang untuk dapat membangun penginapan yang mereka impikan walaupun mereka memulainya dari nol.

2. Modal yang dibutuhkan

Untuk dapat memulai bisnis penginapan, tentunya Anda harus membutuhkan modal. Seberapa besar modal yang Anda miliki untuk tetap dapat membangun penginapan meskipun tidak terlalu besar. Namun untuk modal ini Anda tidak harus mempunyai modal sebesar 100% dari keseluruhan yang dibutuhkan. Cukup dengan dana 40% sampai dengan 50% dari modal yang dibutuhkan secara keseluruhan Anda sudah dapat membangun penginapan. Sisanya Anda dapat melakukan peminjaman kepada bank.

3. Menentukan lokasi

Dalam menentukan lokasi tentunya Anda harus melakukannya secara hati-hati karena dari lokasi tersebut sangat memberikan efek besar dari penginapan yang Anda bangun. Lokasi yang sangat terjangkau tentu akan membuat penginapan yang Anda miliki semakin sukses untuk kedepannya. Namun jika Anda menemukan tanah maupun gedung kosong yang sudah tidak berfungsi Anda dapat menggunakannya untuk membangun penginapan yang Anda inginkan dan biasanya Anda dapat membeli tanah ataupun gedung tersebut dengan harga yang murah.

4. Membuat studi kelayakan

tips selanjutnya adalah dengan membuat studi kelayakan dimana dengan cara ini Anda pasti sangat terbantu dalam membangun penginapan yang Anda jadikan sebagai bisnis. Studi kelayakan akan memberikan deskripsi secara akurat dan detail mengenai prospek bisnis penginapan Anda. Selain itu studi kelayakan juga akan membantu Anda menentukan jenis penginapan yang harus Anda pilih, jumlah kamar yang seharusnya Anda bangun, fasilitas dibutuhkan, kisaran harga untuk satu kamarnya, berapa investasi yang harus Anda keluarkan serta berapa lama Anda akan mendapatkan investasi Anda kembali. Studi kelayakan akan membantu Anda untuk mengurangi resiko terjadinya kerugian dalam skala besar yang disebabkan karena Anda merancang penginapan yang salah. Untuk itu ada baiknya Anda harus melibatkan langsung konsultan bisnis penginapan agar studi kelayakan Anda hasilnya fair dan objektif.

5. Melibatkan konsultan penginapan dan menentukan arsitek

Dengan cara ini, Anda akan dapat mengurangi beban pekerjaan perencanaan penginapan serta rencana operasional akan berjalan lebih baik. Konsultan penginapan akan membuat biaya yang Anda butuhkan tidak keluar lebih banyak yang disebabkan karena salah membeli barang maupun desain. Selain itu Anda juga harus memilih dengan teliti dalam menentukan arsitek agar desain penginapan menjadi lebih maksimal dan dengan biaya yang efisien.

6. Mengurus perijinan

Tips yang terakhir tentunya Anda harus mengurus perijinan terlebih dahulu sebelum Anda membangun penginapan yang akan Anda jadikan untuk bisnis ini. Izin yang paling utama yaitu surat izin lokasi karena tanpa izin lokasi, Anda tentu tidak akan mampu mengurus perizinan yang lainnya dari pihak pemerintah setempat.

Demikianlah pembahasan singkat tentang beberapa tips memulai bisnis penginapan.

Next Artikel : Tips Membangun Penginapan Murah Bermodal Lemah

Guest House Indonesia / Penginapan Murah Jogja / Penginapan Jogja / Tips Memulai Bisnis Penginapan