Tempat Wisata Gratis Ala Backpacker Jogja

Jogja identik dengan daerah wisata yang tidak ada habisnya. Banyak daya tarik dari wisata yang ditawarkan di jogja, mulai dari wisata budaya, wisata seni, wisata pendidikan, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja maupun wisata alam. Pilihannya juga sangat beragam, mulai dari berwisata mewah atau berwisata petualangan yang lebih populer dengan sebutan backpacker. Berikut beberapa destinasi wisata gratis ala backpacker di Jogja untuk alternatif berlibur.

1. Air terjun Sidoharjo, Kabupaten Kulon Progo

Berwisata ke kota Jogja dengan mengunjungi Air Terjun Sidoharjo yang merupakan air terjun tertinggi di Jogja ini tentu menjadi tantangan yang menarik. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan nyaman. Kesegaran air terjun yang alami seakan-akan membuat energi pulih kembali setelah menempuh perjalanan yang sangat jauh. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kita harus berjalan sekitar 10 menit dari tempat parkir melalui perkebunan yang lumayan lebat.

Cara menuju ke sana:
Dari jogja ke Jl. Godean kemudian ke arah jembatan Sungai Progo kemudian ke arah perempatan Jl. Kenteng-Nanggulan, ke kanan bertemu dengan perempatan Pasar Dekso, ke kiri – Samigaluh bertemu dengan pertigaan papan petunjuk arah ke MTSN Sidoharjo, ke kanan – setelah sampai di MTSN Sidoharjo, ke arah kiri kemudian lurus sampai tempat parkir Air Terjun Sidoharjo.

2. Hutan Pinus Mangunan Imogiri, Bantul

Hutan Pinus Mangunan Imogiri menjadi pilihan yang menarik untuk mencari suasana yang damai dan tenang di tengah-tengah waktu liburan. Melepaskan penat dan bersantai di tengah hutan pinus yang sejuk dan teduh menjadi pengalaman yang patut anda coba. Destinasi wisata ini sudah dapat dinikmati cukup dengan membayar biaya parkir kendaraan saja.

Cara menuju ke sana:
Dari jogja menuju ke arah Jl. Imogiri Timur – Imogiri – pertigaan Imogiri ambil arah kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri setelah bertemu pertigaan ambil kekanan, dan ambil arah Mangunan sampai pertigaan Mangunan ke kiri, ambil arah hutan pinus mangunan.

3. Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Ketika mencari tempat wisata dengan nuansa berbeda yang memadukan pemandangan alam, sejarah, budaya dan bahkan religi, maka Pantai Ngobaran jadi pilihan wajib. Pantai yang berada di sekitar pesisir selatan Jogja ini sangatlah unik, lain dari pada pantai yang lain. Anda bisa menikmati suasana indahnya pantai dengan latar bangunan pura, rumah joglo dan patung-patung dewa di sekeliling pantai. Ditambah lagi dengan kokohnya tebing tepi pantai membuat tempat ini begitu memukau bagi setiap pengunjung yang datang ke sini.

Cara menuju ke sana:
Dari jogja menuju Jl. Wonosari – Pathuk – Pertigaan Gading (lapangan terbang) ke kanan – Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro – Pantai Ngobaran

4. Candi Ijo, Sleman Yogyakarta

Ada satu candi yang sayang untuk dilewatkan ketika berwisata di Jogja yaitu Candi Ijo. Tidak seperti namanya yang berarti candi yang berwarna hijau, namun candi ini memiliki warna abu-abu serupa dengan candi lain pada umumnya. Candi Ijo termasuk candi dengan lokasi tertinggi di Jogja. Di candi ijo Anda bisa menikmati pemandangan Kota Jogja yang dilihat dari atas bukit. Bagian yang menarik lainnya adalah lokasi candi ijo yang tak jauh dari Bandara Adisutjipto, sehingga kalau beruntung anda dapat melihat pesawat terbang yang sedang take off maupun landing.

Cara menuju ke sana:
Dari Jogja menuju Jl. Solo – pertigaan depan Candi Prambanan, ambil kiri – Jl. Prambanan ambil jalan menuju Piyungan – ikuti petunjuk arah menuju ke Candi Ijo – ikuti jalan naik ke bukit dan sampailah di Candi Ijo

Guest House Indonesia / Penginapan Murah Jogja / Penginapan Di Jogja / Tempat Wisata Gratis Ala Backpacker Jogja